Tuk Bayar Utang

Doa Agar Dimudahkan Melunasi Hutang



Doa agar dimudahkan melunasi hutang - Siapapun sudah pada tahu bahwa hutang adalah salah satu masalah keuangan yang cukup untuk membuat seseorang gugup dan gelisah. Karena jika seseorang memiliki hutang maka pendapatannya yang seharusnya digunakan untuk memenuhi kewajiban hidup sehari-hari, harus rela dibagi untuk membayar cicilan hutang sehingga membuat hidup semakin sulit.

Gaji yang harus digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan membayar hutang, tidak akan tersisa dan bahkan tekor apalagi jika kita meminta hutangnya dulu ke rentenir yang biasa mengambil bunga yang tinggi.

Namun dalam segala situasi apapun kita harus bersikap tenang, toh tidak bersikap tenangpun, mmasalah hutang Anda tak akan terselesaikan. Justru marilah tenag dulu, rehat sejenak, minum kopi sambil membaca artikel ini.

Salah satu senjata orang mukmin adalah doa. Mestinya sebagai muslim yang baik, harus yakin dengan ini. Sebuah doa yang kita panjatkan secara terus menerus, maka insya Allah akan menjadi amunisi untuk melunasi hutang Anda.

Oleh karenanya di sini Saya akan tulis doa agar dimudahkan melunasi hutang. Praktekkan doa ini dengan dibaca rutin setiap hari sebagai wirid setelah sholat fardu atau sholat hajat atau sholat tahajud.  Asah terus menerus sampai Allah memberi jalan untuk melunasi hutang Anda, sebab pisau tumpul pun, jika diasah terus menerus, maka dia akan semakin tajam dan bisa melumati daging-daging yang alot sekali pun.

Doa melunasi hutang

Apa saja doa melunasi hutang yang Anda baca ? Banyak macamnya dan Anda boleh memilih salah satunya atau bahkan lebih baik membaca semuanya. Karena amalan yang banyak justru lebih mendekatkan diri kepada Allah. Kalau kita lebih cepat mendekat kepada Allah, maka semua problem yang kita punya akan cepat terangkat termasuk masalah hutang berapapun itu besarnya.

Baiklah, inilah beberapa doa yang bisa Anda amalkan setiap saat untuk dijadikan amalan atau wirid selama Anda masih punya hutang.

اللهُمَّ اكْفِنِي بِحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ

ALLAAHUMMAKFINII BIHALAALIKA 'AN HARAAMIKA
Ya Allah, cukupilah aku dengan rizki-Mu yang halal sehingga aku terhindar dari rizki yang haram

 وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

WA AGHNINII BIFADHLIKA AMMAN SIWAAK
dan perkayalah aku dengan karunia-Mu sehingga aku tidak meminta kepada selain-Mu. 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ

ALLAAHUMMA INNII A'UUDZUBIKA MINAL HAMMI WAL HAZAN
Ya Allah, aku berlindung kepada Engkau dari kebingungan dan kesedihan

 وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ

WA WA'UUDZUBIKA MINAL 'AJZI WAL KASAL
dan aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas

وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ

WA A'UUDZUBIKA MINAL JUBNI WAL BUKHL
dan aku berlindung kepada Engkau dari rasa takut dan kikir

وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

WA A'UUDZUBIKA MIN GHOLABATID DAENI WA QOHRIR RIJAAL
dan aku berlindung kepada Engkau dari hutang dan penindasan orang-orang

 اللَّهُمَّ لا سَهْلَ إِلا مَا جَعَلْتَهُ سَهْلا 

ALLAAHUMMA LAA SAHLA ILLAA MAA JA'ALTAHU SAHLAA
Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah.

وَأَنْتَ إِنْ شِئْتَ جَعَلْتَ الْحَزَنَ سَهْلا 

WA ANTA IN SYI-TA JA'ALTAL HAZNA SAHLAA
 Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah

Disamping doa, ada juga dzikir yang bisa dibaca atau disandingkan sebelum membaca doa melunasi hutang. Dzikir tersebut lebih dari satu macam dan sebaiknya Anda baca semuanya sebanyaknya tanpa ada batasan. Masing-masing mau 10 kali atau 40 kali atau 100, nggak masalah, silahkan semampunya. Ini dia dzikirnya :

أسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيمَ الَّذِي لاَ إلَهَ إلاَّ هُوَ، الحَيُّ القَيُّومُ، وَأتُوبُ إلَيهِ 

ASTAGHFIRULLAAHAL AZHIIMAL LADZII LAA ILAAHA ILLAA HUWAL HAYYUL QOYYUUMU WA ATUUBU ILAIH
Aku memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung, Dzat yang tidak ada Tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup dan Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya.

حَسْبِيَ اللَّهُ لا إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ

HASBIYALLAAHU LAA ILAAHA ILLAA HUWA 'ALAIHI TWAKKALTU WA HUWA ROBBUL 'ARSYIL 'AZHIIM
Cukuplah Allah bagiku. Tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki Arsy yang agung

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

LAA ILAAHA ILLA ANTA SUBHAANAKA INNII KUNTU MINAZH ZHOOLIMIIN
Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau. Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang zholim.

لا حول ولا قوة إلا بالله 

LAA HAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAH
Tidak ada daya upaya dan tidak ada kekuatan, kecuali dari Allah 

Oh ya jangan lupa sebelum memulai berdzikir, awali dahulu dengan basmallah, hamdallah dan sholawat. Begitu juga ketika beres berdoa, jangan lupa untuk selalu mengakhiri dengan bacaan sholawat dan hamdallah.

Adapun jenis sholawat, yang paling utama adalah sholawat Ibrohimiyyah yakni sholawat yang selalu dibaca ketika kita sholat pada posisi tasyahud akhir. Namun apabila mau yang versi lain pun tidak apa-apa, yang penting bacaan sholawat.

Doa hutang

Tentu kita tidak asal saja membaca doa hutang tanpa ada dalilnya. Nah agar kita masih dalam koridor mengikuti Nabi maka doa hutang yang kita baca sebaiknya yang berasal dari Nabi juga atau dari orang-orang yang dekat dengan Nabi misalnya para sahabat serta para pewarisnya yang musnid.

Adapun doa yang Saya tulis di atas merupakan doa hutang berdasarkan hadits Nabi riwayat Tirmidzi no. 3563, riwayat Ahmad no. 1319 dan dan riwayat Al-Hakim no. 1973 yang berbunyi : Dari Abu Wail berkata: "Ada (budak) pria datang kepada Ali bin Abi Thalib radhiyallahu' dan berkata,"Wahai Amirul Mukminin, Saya tidak mampu membayar uang untuk pembebasan Saya, jadi tolong bantu Saya!"

Mendengar itu, Ali bin Abi Thalib berkata, "Maukah Anda jika saya mengajarkan Anda beberapa kalimat yang telah diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa salam. Dengan beberapa kalimat itu, jika Anda memiliki hutang sebesar gunung Shir pun maka Dia akan membayar kembali hutang Anda. Bacalah ALLAAHUMMAKFINII ....

Adapun untuk doa yang ke dua, itu berdasarkan hadits riwayat Imam Tirmizi, no 3406 yang isinya berbunyi : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyar, telah menceritakan kepada kami Abu 'Amir, telah menceritakan kepada kami, Abu Mash'ab dari 'Amr bin Abu 'Amr mantan budak Al Muththali, dari Anas bin Malik radliallahu 'anhu, ia sering berkata; aku mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berdoa dengan kalimat-kalimat ini, yaitu; ALLAAHUMMA INNII A'UUDZUBIKA ....
Sedangkan untuk doa yang ke tiga (ALLAAHUMMA LA SAHLA...), maka haditnya adalah hadits yang dikeluarkan oleh Ibnu Hibban dalam Shahihnya (3/255). Juga dikeluarkan pula oleh Ibnu Abi ‘Umar, Ibnus Suni dalam ‘Amal Yaum wal Lailah. (Lihat Jaami’ul Ahadits, 6/257, Asy Syamilah). Sanad hadits ini shahih sebagaimana dikatakan oleh Syaikh Syu’aib Al Arnauth dalam tahqiqnya terhadap Shahih Ibnu Hibban.

Demikianlah uraian singkat padat ini, semoga doa melunasi hutang di atas bisa menjadi media sebagai penyempurna ikhtiar kita kepada Allah agar dimudahkan melunasi hutang dengan segera. Amin. 



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Tag : doa hutang, melunasi hutang
Back To Top