Tuk Bayar Utang

Cara Melunasi Hutang Rentenir




Apakah Anda sedang memiliki hutang dan takut karena dikejar-kejar rentenir serta lagi mencari cara melunasi hutang rentenir ?Janganlah menghindarinya, tapi hadapi hutang rentenir ini secara bijak dan tepat. Anda pasti bisa mengatasi hutang rentenir asalkan Anda mengetahui caranya. Berikut ini Saya kasih tahu beberapa cara melunasi hutang rentenir yang dapat membantu Anda terbebas dari jeratan hutang dari lintah darat itu.

Stop berhutang
Tidak berhutang lagi merupakan cara utama melunasi hutang rentenir. Tindakan gali lubang tutup lubang malah akan membuat Anda makin terperosok dalam kubangan hutang yang lebih dalam lagi. Namun jika terpaksa harus berhutang lagi, lakukanlah pembayaran hutang rentenir dengan meminjam kepada teman atau saudara tanpa bunga. Memang kesannya gali lubang tutup lubang, tetapi ini bisa menjadi solusi jitu agar Anda bisa fokus mencari uang buat melunasi utang tersebut kepada teman Anda, bukan si rentenir.

Minta pemberhentian bunga pinjaman dan memperpanjang jatuh tempo pembayaran
Anda harus bisa menegoisasikan permintaan pemberhentian bunga pinjaman dan memperpanjang jatuh tempo pembayaran. Pastikan Anda meminta agar bisa membayar hutang pokoknya saja. Meski dirasa sulit dan cukup mustahil, namun Anda perlu mencobanya cara ini. Kalau saja si rentenir ternyata tetep keukeuh memaksa Anda supaya membayar bunganya, ada baiknya saudara segera melaporkan mereka kepada pihak RT/RW atau ke kepolisian.

Minta untuk tidak mengangsur hutang dalam tenggat waktu tertentu
Agar hutang cepat terlunasi, Anda bisa menyampaikan permintaan untuk tidak mengangsur hutang selama beberapa waktu. Negosiasikan sistem pembayaran hutang Anda tidak tiap bulan karena dengan pembayaran tiap bulan akan membuat Anda kehilangan modal untuk membayar hutang sehingga Anda akan semakin lama dapat melunasi hutang. Mintalah agar pihak renternir memperbolehkan Anda membayar hutang dalam waktu 3 bulan misalnya. Dalam waktu 3 bulan itulah Anda dapat mengembangkan bisnis untuk mendapatkan uang lebih banyak sehingga Anda dapat membayar hutang dengan cepat.

Mengembangkan usaha untuk melunasi hutang
Jika Anda terbelit hutang rentenir, yakinkan diri Anda bahwa Anda bisa melunasinya. Salah satu cara melunasi hutang rentenir adalah dengan memperbesar omset usaha yang sudah Anda miliki. Adapun modal untuk mengembangkan usaha tersebut diperoleh dari uang yang semestinya dibayarkan kepada renternir sebagai angsuran. Uang tersebut dikumpulkan sebagai modal untuk memperbesar usaha agar pendapatan dan keuntungan usaha bertambah. Kemudian, hasil dari usaha itulah yang akan digunakan untuk melunasi hutang.

Minta pendampingan kepada pihak yang paham menangani kasus rentenir
Cobalah meminta bantuan ataupun pendampingan kepada pihak yang paham menangani kasus hutang rentenir. Dengan begitu, Anda tidak perlu takut menghadapi ancaman rentenir. Cara ini akan mempermudah Anda dalam menyelesaikan hutang dengan hasil yang baik.

Meminta support keluarga
Sebaiknya Anda meminta bantuan orang-orang di sekitar Anda, seperti keluarga, rekan, saudara, dan sebagainya. Selain meminta bantuan uang untuk melunasi hutang, Anda pun juga mendapat bantuan secara moril sehingga Anda akan merasa lebih tenang. Biasanya keluarga akan membantu Anda agar tidak terlilit hutang dalam waktu lama lagi.

Banyak berdoa dan beribadah
Lakukan doa dan ibadah Anda dengan diiringi sikap bertobat atau minta ampun atas praktik atau transaksi riba yang sudah Anda lakukan kepada Tuhan dengan melakukan banyak istighfar agar Allah Swt senantiasa membantu Anda dalam mengatasi masalah hutang. Sebaiknya Anda juga memperbanyak doa pembebasan hutang yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Banyak bersedekah
Cobalah lebih banyak bersedekah kepada sesama yang membutuhkan, seperti fakir miskin, yatim piatu, gelandangan, korban bencana, dan sebagainya. Jika Anda tidak mampu bersedekah dengan uang, maka Anda masih bisa bersedekah dengan tenaga, pikiran, dan ilmu yang Anda miliki. Dengan bersedekah maka Allah Swt, akan melipatgandakan apa yang sudah Anda sedekahkan kepada sesama.

Hidup sederhana dan berhemat
Anda mesti menjalankan hidup sederhana dan berhemat. Jauhkan gaya hidup glamour dan berfoya-foya. Cukupkan Anda makan dengan uang yang Anda miliki. Simpan sisa uang Anda dengan menabung untuk digunakan membayar hutang Anda.

Selalu bersyukur dan berpikiran positif
Meski hidup memiliki hutang, Anda harus tetap bisa bersyukur karena sikap syukur ini juga merupakan salah satu cara melunasi hutang yang Anda miliki. Hilangkan kebiasaan buruk mengeluh dan putus asa, tapi penuhilah pikiran Anda dengan selalu berpikir positif. Ucapan syukur dan pikiran positif ini akan memberikan energi positif yang akan mempermudah Anda dalam melunasi hutang.

Hadapi rentenir dengan berani
Jangan pernah takut pada tindakan curang para rentenir. Jika hutang Anda sudah terbayar maka Anda harus berani bertarung untuk tidak membayar hutang lagi. Umumnya si pemberi pinjaman akan mengancam, meneror, bahkan melakukan kekerasan. Jangan takut dengan sikap mereka karena biasanya hanya menggertak agar Anda takut dan terpaksa membayar hutang. Para rentenir tersebut umumnya nggak berani melakukan kekerasan soalnya mereka juga tak mau ribet berurusan dengan pihak kepolisian, tidak mau praktiknya terbukti ilegal, lalu terancam dibubarkan.

Itulah informasi yang bisa Saya sampaikan mengenai cara bijak menghadapi dan melunasi hutang rentenir. Ke depannya mari kita canangkan gerakan anti rentenir dan minta kepada pemerintah agar memberlakukan undang undang untuk menjerat rentenir sehingga semua korban dari kasus rentenir bisa terlindungi. Baca pula artikel lainnya tentang :
- cara menyelesaikan hutang segunung
- cara melunasi hutang tanpa uang


Sumber :
http://bioenergicenter-bandung.blogspot.co.id/2016/12/9-cara-melunasi-hutang-rentenir-tanpa.html
http://zonakaya.com/10-cara-melunasi-hutang-rentenir-dengan-cepat-tuntas-tanpa-masalah/



ATTENTION FOR MOSLEM !!! ABAIKAN JIKA ADA IKLAN YANG MENAWARKAN KARTU KREDIT/PINJAMAN BERBUNGA/RIBA/JIMAT DLL
Back To Top